Inilah Wujud Kepedulian Kami

Sebagai salah satu perusahaan besar di tanah air, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) tak lepas dari kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), serta program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat memberikan pengaruh positif bagi pengembangan masyarakat serta kebutuhan sosial.

 

Program Kemitraan merupakan wujud konkret PT Hotel Indonesia Natour (Persero) untuk membantu mengembangkan potensi para pengusaha kecil dan menengah agar bisnis atau usaha mereka dapat dikembangkan. Melalui program ini, para pengusaha bisa memperoleh pinjaman dana sesuai ketentuan perusahaan dengan bunga yang relative kecil, yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha mereka. Sehingga, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan unit-unit hotel di bawahnya turut berperan serta dalam pengembangan roda ekonomi masyarakat sekitar lingkungan hotel.

Program Bina Lingkungan merupakan wujud kepedulian hotel terhadap korban bencana, anak yatim, maupun kaum difabel atau disabilitas, serta lingkungan masyarakat, yang berada di lingkungan dekat hotel. Bentuknya berupa dana sumbangan yang disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

 

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial PT HIN yang memperlihatkan bagaimana perusahaan ini peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Di tahun 2017, PT HIN mengadakan Paket Murah Ramadan sebagai program CSR. Program ini berlangsung di kantor pusat HIN, di Grand Inna Samudra Beach, dan di Grand Inna Tunjungan dalam bentuk bazaar yang menjual aneka paket sembako dengan harga murah. Hasil penjualan paket murah dari bazaar ini disumbangkan ke yayasan atau kepada mereka yang membutuhkan.

 

Selain program CSR internal, juga terdapat program CSR eksternal di mana PT HIN bersinergi dengan BUMN lain untuk membantu menyukseskan program CSR yang dimotori Kementerian BUMN. Sebagai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kementerian BUMN dan BUMN telah menjalankan program "BUMN Hadir Untuk Negeri" yang berkesinambungan sejak tahun 2015. Di tahun 2017, program ini dikaitkan dengan Peringatan HUT RI ke-72. Program ini terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu Bedah Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara, Jalan Sehat sejauh 5 Km, dan Upacara Peringatan HUT RI. Dengan adanya "BUMN Hadir untuk Negeri", diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan dirasakannya kehadiran BUMN sebagai korporasi yang peka dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan.