Fokus kami di tahun 2019 menjadikan PT HIN (Persero) The Leading Company

Sejalan dengan program transformasi yang dilakukan secara intensif, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) pada tahun 2018 berhasil meningkatkan kinerja  secara signifikan. Pencapaian positif tersebut berhasil diraih berkat upaya dan langkah perbaikan dan pengembangan yang harus dilaksanakan PT HIN (Persero) di seluruh aspek kegiatan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai langkah dan program apa saja yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 serta target pencapaian yang ingin diraih PT HIN (Persero) pada tahun 2019, berikut hasil wawancara Gracious dengan Iswandi Said, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

 

Salah satu milestone HIN pada tahun 2019 adalah pelaksanaan Revitalisasi Grand Inna Bali Beach. Bagaimana progres kegiatan pembangunan yang dilaksanakan saat ini?

 

Kegiatan ground breaking pembangunan hotel tahap pertama yang dilakukan oleh Menteri BUMN, Ibu Rini M Soemarno dan Gubernur Bali, Bapak  I Wayan Koster  pada tanggal 15  Maret 2019 yang lalu merupakan langkah awal program Revitalisasi Grand Inna Bali Beach yang akan dikembangkan menjadi kawasan Hotel Indonesia Bali.

 

Pembangunan hotel tahap pertama ini akan memiliki 161 kamar, terdiri dari 139 deluxe dan 22 suite rooms, dan dilengkapi fasilitas MICE yang dapat menampung 900 orang, bar, restaurant, fitness centre, swimming pool, spa, dan retail area. Pembangunan hotel dilaksanakan dengan sistem fast track dan  direncanakan hotel akan dioperasikan pada bulan November 2020.

 

Setelah revitalisasi nanti, GIBB akan menjadi kawasan Hotel Indonesia Bali yang memiliki 1017 kamar yang terdiri dari 943 kamar.hotel bintang 3, 4, dan 5; 73 premium villa dan 1 presidential villa, dan memiliki convention centre yang dapat menampung 10.000 orang; disamping fasilitas eco-park, life-style art market, dermaga, helipad.

 

Kawasan hotel Indonesia Bali nanti selain akan menjadi icon dan dapat dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan kenegaraan;  juga akan semakin meningkatkan reputasi Bali sebagai destinasi wisata dan kegiatan MICE dunia.

 

Melalui langkah transformasi yang dilaksanakan, saat ini PT HIN (Persero) menunjukkan berbagai peningkatan kinerja yang positif. Barangkali dapat dijelaskan langkah-langkah apa saja yang mendukung pencapaian tersebut?

 

Sesuai tahapan transformasi yang kami laksanakan, tahun 2018 yang lalu merupakan tahun atau tahap pertumbuhan (growth), dimana PT  HIN (Persero) banyak melakukan upaya dan langkah-langkah perbaikan dan pengembangan di seluruh aspek kegiatan perusahaan.

 

Selain melakukan penataan, perbaikan, dan pengembangan berbagai sarana, prasarana dan fasilitas hotel-hotel PT HIN (Persero)  yang berada di berbagai kota/lokasi, kami juga secara intensif melaksanakan peningkatan aspek services/pelayanan, pengembangan program pemasaran, hingga pengembangan aspek "soft competencies" seperti budaya perusahaan (corporate culture) dan pengembangan sistem human capital.

 

Sejalan dengan pengembangan pada tahun 2019, barangkali dapat Bapak  jelaskan beberapa program strategis yang akan dilaksanakan PT HIN (Persero) ?

 

Tahun 2019 ini PT  HIN (Persero) memasuki tahapan transformasi untuk menjadikan PT  HIN (Persero)  The Leading Company. Selain  melanjutkan penataan dan  pengembangan berbagai sarana dan fasilitas  hotel-hotel  PT HIN (Persero), kami akan memastikan pelaksanaan  revitaliasi Grand Inna Bali Beach (GIBB) yang dimulai bulan April 2019 yang lalu terlaksana sesuai  tahapan, jadwal, serta target yang telah ditetapkan.

 

Kami benar-benar mengharapkan, dengan revitalisasi yang dilaksanakan, kelak GIBB akan menjadi "Hotel Indonesia Bali" - icon baru yang semakin menjadikan Bali sebagai destinasi wisata dan MICE dunia dan memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi pengembangan perekonomian Bali khususnya dan Indonesia  pada umumnya.

 

Kami akan mengintensifkan program pemasaran online dan pengembangan customer relationship management untuk meningkatkan customer engagement yang  semakin memberikan kemudahan, kenyamanan, dan benefits bagi customers.

 

Dan satu program strategik lain  yang akan kami  kembangkan pada tahun 2019 adalah pengembangan human capital, khususnya generasi millenials yang akan menjadi tulang punggung perusahaan ke depan.

 

Tahun 2019 telah ditetapkan sebagai tahun human capital. Barangkali dapat Bapak jelaskan yang dimaksud dengan tahun human capital tersebut, dan langkah apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan human capital  PT HIN (Persero).

 

Sejalan dengan program transformasi yang ditandai dengan berbagai langkah penataan dan pengembangan di seluruh aspek kegiatan perusahaan maka program yang dilakukan oleh PT HIN (Persero) yaitu penataan dan pengembangan berbagai sarana dan fasilitas hotel, peningkatan aspek pelayanan, pengembangan budaya perusahaan, pengembangan sistem human capital, serta peningkatan dan pengembangan program pemasaran perusahaan.

 

Bersama-sama dengan PT Patra Jasa, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) ditugaskan oleh Kementrian BUMN untuk menginisiasi National Hotel Chain bernama  Hotel Indonesia Group (HIG). HIG dibentuk pada 28 September 2016 dan diresmikan oleh Menteri BUMN   Ibu Rini M. Soemarno dan HIG memiliki visi menjadi jaringan pengelola hotel terbesar di Indonesia sehingga hotel-hotel BUMN dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,dengan menyediakan layanan yang mengedepankan keramahtamahan khas Indonesia dan bertaraf internasional kepada wisatawan dalam dan luar negeri dan sejak tahun 2018, sebanyak 12 hotel BUMN telah bergabung dalam HIG. Hingga akhir 2020, kami menargetkan akan menambah inventory kamar dari 1.531 kamar menjadi 4.081 kamar.

 

Dan juga seiring dengan program transformasi, dimana tahun 2019 merupakan tahapan untuk mengembangkan PT HIN (Persero) menjadi Leading Company, program marketing dilaksanakan secara online, dan diarahkan bukan saja untuk mengakuisisi customer baru namun untuk meningkatkan engagement yang bermanfaat dalam peningkatan pelayanan yang dilaksanakan, juga sebagai apresiasi terhadap para stakeholder serta dalam upaya meningkatkan  engagement customers, maka PT HIN (Persero) memperkenalkan program loyalitas pelanggan (loyalty program), bernama "Hotel Indonesia Group  Hospitality Rewards – HIGH Rewards”.

 

Dengan adanya pengembangan dan perbaikan produk ini maka peningkatan okupansi akan sangat signifikan dan memberikan kontribusi sangat besar terhadap tujuan perusahaan.

 

Dalam kaitan dengan pemberdayaan (generasi) millennials, bagaimana harapan Bapak terhadap mereka?

 

Sesuai dengan arah perkembangan PT Hotel Indonesia Natour  (Persero), 2019 adalah tahun leading, dimana  PT Hotel Indonesia Natour (Persero) berusaha untuk leading dalam bisnis perhotelan nasional. Dengan target tersebut selain terus berbenah secara produk, operasional bisnis, financial dan marketing, tahun 2019 PT HIN (Persero) akan focus membenahi sumber daya manusianya pada program Transformasi Human Capital. Hal ini dirasa sangat perlu mengingat investasi besar yang dilakukan pada bentuk fisik & infrastruktur hotel tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh SDM yang berkompeten.

 

Sumber daya manusia PT HIN (Persero) dilatih dan dikembangkan agar mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari perubahan hospitality industry dan perkembangan teknologi yang berubah begitu cepatnya. Investasi bidang SDM telah dilakukan sejak 2017, diawali dengan pembenahan system kerja, yang awalnya masih manual beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi.  Pembenahan system kerja dan SOP, program-program pengembangan talent dan training diintensifkan. Human capital departement yang awalnya lebih focus pada administrasi karyawan, mulai berfokus pada strategi pengembangan karyawan sesuai tujuan jangka panjang perusahaan. SDM PT HIN (Persero) diharapkan dapat melakukan peran kolaboratif sehingga menunjukan kinerja yang impactfull. Maka itu 2019 adalah tahunnya SDM untuk membawa organiasi PT HIN (Persero)  menjadi leading di 2019.

 

Bapak pernah menyampaikan bahwa champions dan millennials akan menjadi ujung tombak perusahaan ke depan. Barangkali dapat Bapak jelaskan berkaitan dengan peran tersebut?

 

Generasi Millennials identik dengan karakter yang dinamis, kreatif dan inovatif. Namun generasi ini juga terkenal dengan ke-akuannya, yang sangat autonom. Saat ini jumlah karyawan millennials PT HIN (Persero) masih kurang dari 50% namun akan terus bertambah seiring dengan jumlah pensiun setiap tahunnya.

 

Guna menjaga iklim kerja yang positif dan dinamis guna mengikuti perkembangan bisnis yang ada tentunya generasi millennials harus mampu berkolaborasi dengan semua generasi yang ada di PT HIN (Persero). Bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan antara lain, dengan meminimalkan judging antar generasi, lebih banyak mendengarkan aspirasi yang ada, dan memperbanyak kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.

 

Generasi millenials nantinya juga adalah future leader PT HIN (Persero)  yang merupakan asset perusahaan sehingga harus dikembangkan dan diberdayakan dengan optimal. Sejauh ini millennials telah diberikan kesempatan untuk dapat menunjukan aspirasi dan ide-ide inovatif  Millennials   PT HIN (Persero)  saat ini telah memiliki wadah/kumpulan tersendiri yang aktif dalam bersinergi dengan perusahaan, salah satunya dalam usaha untuk me-rebranding citra perusahaan.

 

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour