Grand Inna Malioboro, Hotel Legendaris nan Elegan

Hotel Grand Inna Malioboro yang beroperasi sejak tahun 1911 telah beberapa kali berganti pemilik dan nama. Awalnya hotel ini bernama Grand Hotel The Jogja, lalu berubah menjadi Hotel Asahi pada 1942, Hotel Merdeka pada 1945, dan Hotel Garuda pada 1950. 

 

Pada tahun 1975, hotel ini diserahkan pada PT Natour dan berstatus BUMN, lalu berganti nama menjadi Natour Garuda. Seiring berubahnya PT Natour menjadi PT Hotel Indonesia Natour pada 1993, maka hotel ini pun berubah menjadi Inna Garuda. Terakhir, pada tahun 2001, hotel bintang empat ini berganti nama lagi menjadi Grand Inna Malioboro.

 

Dengan usia dan perjalanan yang panjang, Grand Inna Malioboro menyimpan sejarah panjang Indonesia dan Yogyakarta, serta telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya. Beberapa penghargaan telah diraih oleh hotel ini, antara lain Award of Excellence dari TrustYou pada 2018, Indonesia Leading MICE Hotel Yogyakarta tahun 2018 dari ITTA Awards, Gold Circle dari Agoda, Best Experience in Food 2017 dari Traveloka, Hotel Berwawasan Lingkungan 2017 dari Kementerian Pariwisata, serta Jogja Best Brand Index 2017 dari Solo Pos dan Harian Jogja .

 

Kamar

 

Grand Inna Malioboro memiliki 227 kamar yang terbagi atas delapan tipe, yaitu Superior, Deluxe, Deluxe Colonial Building, Deluxe Premier Floor, Junior Suite, Executive Suite , dan Presidential Suite atau Sudirman Suite . Untuk kamar Superior, semuanya bertipe twin . Sejak November 2018, ada 40 kamar di lantai 7 yang direnovasi interiornya dan telah dibuka untuk publik. Lalu, di tahun ini juga akan direnovasi lagi 40 kamar di lantai 6. Fasilitas yang ada di setiap kamar cukup lengkap, antara lain TV LED dengan saluran internasional, telepon, minibar, pembuat kopi dan teh, safety deposit box , sajadah, amenities, bath tub , dan hairdryer.

 

Fasilitas

 

Terdiri dari tujuh lantai, Grand Inna Malioboro memiliki beragam fasilitas, di antaranya layanan kamar 24 jam, concierge , penyewaan sepeda, kolam renang anak dan dewasa, akses Wi-Fi gratis, spa, Mataram lounge, D’Malio Oleh-Oleh, D’Malio Boutique, Malioboro Coffee Shop, business center, money changer, arcade, dan Srimanganti Room untuk tamu VIP. Dalam waktu dekat, Grand Inna Malioboro akan memiliki pusat kebugaran serta sauna laki-laki dan perempuan yang berada satu lokasi dengan kolam renang.

 

Grand Inna Malioboro memiliki dua tempat untuk minum kopi, yakni Café Garuda serta Kopi Arang Malioboro. Selain menyediakan kopi, di Kopi Arang juga tersedia minuman beralkohol untuk mengakomodir tamu asing.

Menariknya, Grand Inna Malioboro juga memiliki ruang Cigar Lounge yang cerutunya disediakan bekerja sama dengan Taru Martani yang telah berdiri sejak tahun 1911.

 

Ruang Pertemuan

 

Saat ini Grand Inna Malioboro memiliki 17 ruang pertemuan dan Malioboro Convention Center, dengan kapasitas dari 10 orang hingga 1.000 orang. Ke depannya, Malioboro Convention Center akan mengalami perluasan sehingga bisa mendapat tambahan sekitar 150 orang lagi. Ke-17 ruang pertemuan tersebut berada di lantai 3, sedangkan Malioboro Convention Center ada di lantai dasar sehingga memiliki akses lobi sendiri serta memiliki area foyer yang juga dapat digunakan untuk acara.

 

Grand Inna Malioboro juga memiliki dua restoran multifungsi yang dapat digunakan untuk para peserta meeting maupun konferensi, yaitu Sasana Handrawina dan Sekar Kedathon. Kedua restoran ini memiliki kapasitas hingga 150 orang. Fasilitas yang ada di ruang pertemuan antara lain LCD plus layar, sound system standar, Wi-Fi, flipchart/whiteboard , permen, block note , pensil, dan air mineral.

 

Eksplorasi & Pengalaman

 

Grand Inna Malioboro bisa dibilang berlokasi tepat di jantungnya Yogyakarta, yakni di Jalan Malioboro yang tak pernah sepi oleh wisatawan. Hotel ini juga hanya selangkah dari Stasiun Tugu sehingga tamu yang menginap di Grand Inna Malioboro tak perlu jalan kaki jauh untuk melihat keramaian angkringan di sepanjang Jalan Malioboro, menikmati kopi jos yang fenomenal, belanja batik di Pasar Beringharjo, mengunjungi titik Nol kilometer Yogyakarta, belanja di Malioboro Mall, atau belajar sejarah di Museum Benteng Vredeburg.

 

Bagi wisatawan maupun pebisnis, setiap Sabtu malam juga dapat menikmati aneka kuliner khas Jogja ditemani hiburan musik yang disediakan Grand Inna Malioboro di area depan hotel. Event bernama Kampung Jogja ini menjadi bagian dari kemeriahan Malioboro di malam minggu, dan para wisatawan yang tak menginap pun bisa mampir dan membeli kuliner unik ini.

 

 

 

 

 

PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Meraih Early Improvement pada BUMN Performance Excellence Award 2020
Tim Kami Selalu Memberikan yang Terbaik