Grand Inna Samudra Beach: Hotel Bersejarah di Lokasi yang Strategis

Dibangun pada 1962 oleh Presiden Soekarno, Grand Inna Samudra Beach menjadi salah satu hotel bersejarah di Indonesia, dan merupakan hotel besar pertama di Kabupaten Sukabumi. Hotel yang awalnya bernama Samudra Beach Hotel ini berdiri di atas lahan seluas 52 hektare, dengan tinggi 32 meter dan panjang 100 meter. Bangunan hotel ini memanjang dari timur ke barat dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

 

 

Grand Inna Samudra Beach merupakan salah satu bangunan yang termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh. Penetapan Grand Inna Samudra Beach sebagai bagian dari Geopark Ciletuh karena bangunan hotel tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, pihak pengelola hotel sangat berhati-hati mempertahankan nilai sejarahnya ketika sedang merenovasi hotel ini agar terlihat lebih modern.

 

PT Hotel Indonesia Natour (Persero) sebagai pemilik dan pengelola hotel Grand Inna Samudra Beach telah melakukan renovasi interior kamar secara bertahap, dimulai pada 2014 untuk seluruh kamar di lantai lima dan enam. Menyusul kemudian secara berturut-turut direnovasi adalah kamar-kamar di lantai tujuh, serta tiga dan empat.

 

Selain merenovasi kamar, pengelola Grand Inna Samudra Beach juga akan renovasi total terhadap maisonette yang berada di sebelah hotel untuk dijadikan vila. Totalnya nanti ada empat blok, satu blok akan berisi tiga vila, dan tiap vila memiliki tiga kamar tidur dan ruang tamu. Vila itu akan memiliki dua tingkat; tingkat pertama adalah kamar dan di atasnya adalah ruang tamu. Itu akan menjadi bagian terakhir dari pengembangan Grand Inna Samudra Beach.

 

KAMAR

 

Grand Inna Samudra Beach memiliki 106 kamar yang tersebar di lima lantai. Secara keseluruhan, Grand Inna Samudra Beach terdiri atas delapan lantai.

 

 

Seluruh kamar di Grand Inna Samudra Beach menghadap ke arah pantai dan dilengkapi dengan balkon yang cukup luas. Dari balkon kamar, para tamu dapat menikmati pemandangan laut lepas atau pegunungan yang ada di sebelah timur atau di kiri hotel. Para tamu tak perlu berpindah-pindah untuk melihat pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam, sebab kedua momen indah tersebut dapat dilihat langsung dari kamar hotel.

 

Kamar yang ada di Grand Inna Samudra Beach terbagi atas lima tipe, yakni Deluxe, Deluxe Suite, Standard, Standard Suite, dan Executive Suite. Fasilitas di tiap kamar pun sudah sesuai standar hotel bintang empat, seperti perlengkapan mandi, pendingin ruangan, televisi dengan saluran internasional, telepon, air panas, dan akses Wi-Fi gratis.

 

RUANG PERTEMUAN

 

Selain untuk berlibur, Grand Inna Samudra Beach juga sangat cocok untuk mengakomodir kebutuhan bisnis seperti meeting atau event. Hotel ini dilengkapi dengan empat ruang meeting dengan kapasitas beragam, mulai dari 30 orang hingga 300 orang.

 

 

Untuk keperluan acara yang lebih besar, tersedia pula Terate Hall dengan kapasitas hingga 500 orang banquet style. Terate Hall berada di sebelah kolam renang dan menghadap langsung ke pantai. Karena itu, tempat ini bisa digunakan untuk beragam acara santai, seperti gala dinner, evening cocktail, atau pertunjukan musik. Grand Inna Samudra Beach juga memiliki area ruang terbuka hijau yang sangat luas dan dapat digunakan untuk kegiatan team building.

 

Selain itu, lantai delapan hotel ini juga akan mengalami renovasi dan akan memiliki tambahan empat ruang meeting lagi dengan kapasitas 50 hingga 150 orang. Keempat ruang meeting itu bisa dijadikan satu sehingga kapasitasnya bisa menampung hingga 300 orang. Di lantai delapan itu juga nantinya akan ada lounge atau restoran dengan pemandangan menghadap ke laut.

 

FASILITAS

 

Rayakan kesuksesan meeting Anda dengan berkaraoke di Warna Sari Bar & Karaoke yang berada di lantai 1 Grand Inna Samudra Beach. Tempat karaoke ini juga dapat digunakan oleh pengunjung yang tidak menginap di hotel, dengan jam buka dari sore hingga tengah malam.

 

 

Selain ruang karaoke, Grand Inna Samudra Beach juga memiliki sejumlah fasilitas pendukung lainnya, seperti penyewaan sepeda, toko suvenir, penatu, resepsionis 24 jam, Café In untuk bersantai di tepi pantai, dua buah kolam renang, Raos Restaurant, serta pertunjukan musik tiap malam minggu dan kegiatan olahraga bersama di minggu pagi.

 

Grand Inna Samudra Beach juga sudah membentuk pelayanan team building bagi tamu karena area hotel ini sangat cocok untuk digunakan team building, gathering, maupun outing yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Bogor, dan Bandung.

 

EKSPLORASI & PENGALAMAN

 

Grand Inna Samudra Beach berlokasi di Jalan Raya Cisolok Km 7, Pelabuhan Ratu. Hotel ini pun hanya berjarak sekitar dua jam dari Geopark Ciletuh sebagai primadona wisata baru di Kabupaten Sukabumi. Karena itu, Grand Inna Samudra Beach merupakan hotel yang tepat untuk memulai menjelajah Geopark Ciletuh maupun obyek wisata lain di Pelabuhan Ratu, seperti Pantai Cimaja, Pantai Karang Hawu, pemandian air panas Geyser Cisolok, pasar ikan, desa adat Sinar Resmi, Goa Lalay, atau arung jeram di Sungai Citarik. 

 

Di kawasan Grand Inna Samudra Beach ini juga terdapat beberapa geosite, antara lain Batu Karut, Batu Susun, dan Karang Naya. Grand Inna Samudra Beach juga telah bekerja sama dengan beberapa tur operator untuk mendampingi para tamu menjelajah obyek wisata Geopark Ciletuh. 

 

Apabila tidak ingin bepergian ke luar dari hotel, para tamu juga bisa bermain di kolam renang atau di pantai. Hotel ini memiliki satu kolam renang besar untuk dewasa dan satu kolam renang kecil untuk anak-anak.

 

Jika ingin melakukan hal yang lebih menantang, para tamu dapat mencoba belajar berselancar yang akan dipandu oleh personel dari Grand Inna Samudra Beach. Pantai di belakang Grand Inna Samudra Beach memiliki dasar yang tidak berkarang serta memiliki ombak yang bersahabat untuk peselancar pemula.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour