Inna Tretes: Little Kyoto dan Goa Jepang

Inna Tretes Hotel, salah satu hotel resor di kawasan wisata Prigen dengan ketinggian 2700 mdpl. Hotel yang dikelilingi Gunung Welirang dan pemandangan indah Gunung Penanggungan bisa menjadi gateaway destination dari padatnya kehidupan perkotaan.

 

Awalnya Inna Tretes bernama Bad Hotel Tretes yang dibangun pada 1922 oleh seorang Belanda bernama Bakkenist. Pada 1958 terjadi nasionalisasi perusahaan. “Bad Hotel Tretes“ diambil alih Pemerintah Indonesia di bawah pengelolaan Departemen Perhubungan cq. Dirjen Pariwisata, dan berganti nama menjadi Hotel Pemandian Tretes.

 

Pada 1976, Hotel Pemandian Tretes diserahkan dan dikelola PT. Natour, salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang kembali berganti nama menjadi Bath Hotel Tretes. Pada 1980 Bath Hotel Tretes berkembang menjadi 50 kamar yang semula hanya 22 kamar, dan pada 1989 bertambah lagi 20 kamar menjadi 70 kamar sampai saat ini. Namanya berubah lagi menjadi Natour Bath Tretes.

 

Pada 2001 terjadi penggabungan 2 BUMN yang bergerak di bidang Perhotelan antara PT. Natour dengan PT. HII menjadi PT. HIN (Hotel Indonesia Natour) / Inna Hotel Group dan nama Natour Bath Tretes kemudian dirubah menjadi Inna Tretes.

 

Little Kyoto

 

Inna Tretes yang bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya ini memiliki sebuah taman bernuansa Jepang di sebelah kolam renang. Torii, gerbang tradisional Jepang dengan bentuk khas yang sering ditemukan di pintu masuk kuil shinto dan kini telah bertransformasi menjadi gerbang khas Jepang, dibangun di taman ini. Gunung Penanggungan yang memiliki bentuk puncak seperti Gunung Fuji, Jepang, menjadi latarnya.

 

Selain itu, taman yang dinamakan Little Kyoto ini juga dihiasi jembatan pendek berwarna merah, benteng bebatuan besar, pepohonan kecil, air terjun mini, alas bebatuan kecil putih, lampion, dan tentunya bentuk rumah khas Jepang. Nuansa Jepang ini berpadu sempurna dengan keindahan alam sekitar yang berupa perbukitan hijau yang menyejukkan.

 

Goa Jepang

 

Selain itu, Inna Tretes juga memiliki tempat bersejarah berupa goa Jepang. Lokasinya berada di bawah ruang lobi dan restoran hotel. Ujung goa ini diperkirakan ada di kawasan air terjun Kakek Bodo. Belum ada seorang pun yang berani masuk ke dalam goa yang masih dihuni kelelawar ini dan menyusurinya hingga ujung.

 

Konon di goa inilah para tentara Jepang menggalang kekuatan melawan Sekutu yang pada proses pembuatannya dikerjakan rakyat negeri ini yang dijadikan romusha. Namun, goa Jepang peninggalan tahun 1943 ini belum sempat dimanfaatkan tentara Jepang untuk bersembunyi.

 

Pihak hotel pun telah melakukan beberapa renovasi terutama pada bagian dinding luar goa. Relief batu tebing dibuat supaya menarik bagi pengunjung. Untuk penerangan, baru beberapa titik saja yang sudah dipasang lampu. Hingga kini, pihak hotel pun terus mengembangkan tempat bersejarah ini.

 

Fasilitas

 

Inna Tretes yang berada di Jl. Pesanggrahan No. 2, Pasuruan ini memiliki 70 kamar dan bungalow yang nyaman dengan tipe standard room, deluxe room, junior suite room, dan suite room. Welirang Room, salah satu dari dua rumah tipe suite room begitu spesial karena sudah berusia kurang lebih 90 tahun dan masih bertahan dengan bentuk aslinya yang sebelumnya bernama Willy. Sementara fasilitas kamar yang disediakan ada air mineral, tempat tidur (twin dan double), TV, AC, slipper, mini bar, tea & coffee maker, bath tub, dan standing shower.

 

 

Sementara untuk urusan kuliner terdapat View Terrace Restaurant dan Taman Sari Cafe. View Terrace Restaurant adalah restoran utama dengan kapasitas hingga 100 seat. Restoran ini menyajikan aneka hidangan mulai dari Indonesian food, Oriental food, Japanese food, hingga Continental food. Live music juga hadir menemani setiap hari saat lunch dan dinner.

 

Hidangan dan minuman khas Tretes dan Pasuruan begitu nikmat saat dinikmati sambil memandang panorama Gunung Penanggungan dan perbukitan dari View Terrace Restaurant. Selain itu, View Terrace Restaurant juga biasa digunakan untuk venue spesial seperti table manner course, family gathering, hingga acara ulang tahun.

 

Sementara Taman Sari Cafe berada di sebelah kolam renang dan menawarkan beragam snack dan minuman. Untuk urusan bisnis dan meeting, Inna Tretes Hotel dilengkapi 6 ruang pertemuan yang representatif yang mampu menampung lebih dari 500pax. Hotel ini juga menyediakan layanan kamar (room service) 24 jam, free WiFi, areal parkir yang luas, sport center (kolam renang outdoor, dan areal permainan bola voli), layanan laundry, safe deposit box, menunggang kuda saat week end, dan areal bermain anak-anak.

 

Bagi yang hendak ke Gunung Bromo, Inna Tretes juga memiliki paket Gunung Bromo dimulai dari harga US$296* yang di dalamnya termasuk menginap dua malam di deluxe room (minimum 2 kamar), sarapan, transportasi, tiket masuk, jeep, pemandu, dan makan siang. ••

 

 

Courtesy: Majalah Gracious

Info di-update pada 18 Oktober 2018

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour