Kami Ingin Menjadikan Inna Tretes Terus Tumbuh dan Berkembang

Dipindah tugaskan dari Yogyakarta ke Tretes, Natalia Surbakti mengemban posisi baru, yakni sebagai general manager. Tugasnya tak mudah, sebab ia berencana mengembangkan MICE di Inna Tretes. Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan di Inna Tretes, berikut hasil wawancara Gracious dengan Ibu Natalia.

 

Bisa diceritakan sejak kapan ibu ditugaskan menjadi GM di Inna Tretes? Lalu, sebelum bertugas di Inna Tretes, ibu sudah pernah bekerja di mana saja dan sebagai apa?

 

Saya mulai melaksanakan tugas sebagai General Manager di Inna Tretes pada 23 September 2019. Sebelumnya, saya bertugas sebagai marketing manager di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Penugasan sebagai general manager di Inna Tretes ini merupakan perjalanan yang panjang, mengingat pertama kali saya berkarier sebagai guest relations officer di Hotel Dharma Deli yang saat ini dikenal sebagai hotel Grand Inna Medan.

 

Barangkali dapat Ibu ceritakan suka-duka selama bekerja di industri perhotelan?

 

Dengan perjalanan panjang yang telah saya lalui, banyak sekali suka-duka yang saya temui dalam menjalankan tugas yang memberikan banyak pelajaran dan manfaat bagi pengembangan pribadi maupun sebagai karyawan perusahaan.

 

Mendapat kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang yang mempunyai berbagai latar belakang, sifat dan karakter misalnya, sangat menginspirasi dan dapat menjadi role-model dalam meningkatkan kualitas diri. Mendapat kesempatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pejabat dan tamu penting kenegaraan merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

 

Walaupun bukan merupakan duka dalam makna yang sesungguhnya, pada saat menerima keluhan dari pelanggan berkaitan dengan pelayanan atau produk yang kurang sesuai harapan pelanggan, saya merasa ada suatu hal yang kurang sempurna. Akan tetapi, hal tersebut membuat kami terus bersemangat untuk melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan pelayanan yang terbaik.

 

Langkah-langkah apa saja yang Anda lakukan untuk meningkatkan team work dan produktivitas karyawan?

 

Karyawan pada dasarnya merupakan rekan sekerja atau partner untuk bersamasama memajukan dan mencapai obyektif perusahaan. Karena merupakan partner, saya selalu mengembangkan engagement mendekatkan diri, saling mengenal, dan membangun teamwork untuk maju dan berkembang bersama-sama.

 

Apa tantangan yang dihadapi ketika ditugaskan menangani Inna Tretes?

 

Mengingat kondisi dan tantangan yang kami hadapi di Inna Tretes Hotel & Resort tentunya berbeda dengan tempat saya bertugas sebelumnya. Maka, saya harus cepat melakukan adaptasi, dan segera melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan produk dan pelayanan, dengan meningkatkan teamwork dan produktivitas seluruh karyawan.

 

Saya ingin Inna Tretes Hotel & Resort mendapatkan trust dari pelanggan dengan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan terbaik yang dibarengi dengan perbaikan produk dan juga memberikan contoh secara langsung kepada tim untuk berinteraksi lebih dekat dengan para pelanggan sehingga mereka merasa mendapatkan perhatian dan layanan yang prima dari semua staf hotel.

 

Bisa dijelaskan apa saja yang akan dilakukan untuk mengembangkan Inna Tretes, dan apa saja nilai lebih dari Inna Tretes?

 

Sebagai salah satu penunjang peningkatan revenue, kami merencanakan untuk mengembangkan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Inna Tretes Hotel & Resort. Karena kami memiliki SDM dengan talenta musik yang baik, maka kami akan mengembangkan entertainment events yang akan menunjang peningkatan revenue food & beverage.

 

Apakah ada target khusus yang akan dicapai dengan langkah pengembangan yang Ibu lakukan?

 

Dengan berbagai pengembangan yang kami lakukan saat ini, kami ingin menjadikan Inna Tretes Hotel & Resort sebagai hotel yang terus mampu tumbuh dan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, lingkungan, maupun perusahaan, dan tentunya kami berupaya untuk dapat terus lebih dekat dengan para mitra, selain melakukan kolaborasi dengan berbagai instansi yang dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk Inna Tretes Hotel & Resort.

 

Di waktu senggang, hobi atau aktivitas apa yang biasanya Ibu lakukan?

 

Untuk menjaga stamina dalam menjalankan tugas, saya menyempatkan untuk melakukan kegiatan olahraga, antara lain jalan pagi secara rutin atau mendaki gunung yang ada di sekitar hotel, yang sangat membantu menjaga stamina dan kesehatan.

 

 

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour