Panduan untuk Wisata Kuliner yang Menyenangkan

Salah satu jenis kegiatan yang jarang dilakukan oleh wisatawan adalah berwisata kuliner. Di daerah-daerah yang padat dengan obyek wisata, seperti Bali Selatan, kuliner tradisional cukup sulit untuk ditemui kalau tidak jeli mencari atau bertanya ke penduduk lokal yang tepat. Karena itu, panduan wisata kuliner berikut ini mungkin dapat Anda coba—dan juga bisa diterapkan di daerah lain—untuk mencari kuliner tradisional di kota tujuan.

 

1. BLOG

Cari tahu food blogger yang tinggal di kota tujuan atau blogger yang sering mengulas kuliner di kota tersebut. Bacalah blog mereka sebagai bahan referensi mencari tempat-tempat makan legendaris atau kuliner khas di kota itu.

 

2. MEDIA SOSIAL

Gunakan media sosial untuk mencari tahu rekomendasi kuliner atau tempat makan yang khas di kota tujuan. Agar hasil pencarian lebih spesifik, Anda dapat menggunakan tagar di kolom pencarian, misalnya #Bali dan #kuliner.

 

3. PASAR TRADISIONAL 

Carilah pasar tradisional setempat karena biasanya makanan khas daerah tersebut ada di pasar. Selain itu, di pasar Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat mengenai kuliner apa lagi yang khas dari daerah tersebut.

 

4. PENDUDUK LOKAL

Anda juga bisa berwisata kuliner di kota tujuan bersama penduduk lokal. Situs seperti With Locals (www.withlocals.com) menyediakan berbagai paket wisata, salah satunya wisata kuliner, kepada wisatawan yang dipandu oleh penduduk lokal. Selain mencicipi kuliner, Anda juga bisa mendengarkan cerita mengenai kuliner yang dimakan dari penduduk lokal tersebut.

 

5. PEMANDU WISATA

Anda juga bisa bertanya kepada pemandu wisata maupun sopir yang mengantar Anda mengenai tempat-tempat kuliner yang legendaris tapi belum banyak diketahui wisatawan.

 

6. MAKANAN HALAL

Bagi wisatawan muslim, tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu apakah makanan yang disajikan halal atau tidak. Anda bisa mencari tahu hal tersebut di media sosial maupun bertanya kepada pemandu wisata yang menemani Anda.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour