Taman Nasional Gunung Bromo

Jawa Timur dianugerahi destinasi yang komplet, dari pesisir pantai hingga wilayah pegunungan, serta dari pusat bisnis hingga pusat rekreasi. Keduanya dicerminkan dengan baik oleh Surabaya dan Malang Raya. Jika Surabaya lebih terkenal sebagai kota metropolis, Malang Raya bisa disebut dengan kota yang sangat sempurna banget untuk melepaskan penat dari hiruk-pikuk kota.

 

Apalagi, sejak adanya tol baru yang menghubungkan Surabaya dengan Malang, jarak tempuh menuju destinasi-destinasi wisata tersebut menjadi lebih singkat, hanya sekitar satu jam. Karenanya, wilayah Malang Raya sangat cocok dijadikan destinasi usai berbisnis di Surabaya, serta tujuan pelesiran akhir pekan bagi warga Surabaya dan sekitarnya.

 

Namun, bagi yang ingin menetap di Surabaya, tempat ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah bagusnya. Berikut adalah sejumlah destinasi wisata di Surabaya dan Malang Raya yang kami rekomendasikan.

 

Gunung Bromo memiliki banyak pintu masuk, tapi yang disarankan adalah melalui Pasuruan karena lebih dekat ke tempat melihat matahari terbit di titik Penanjakan. Mafhum, sajian utama di Gunung Bromo adalah pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah, serta dipadukan arak-arakan awan yang menutupi kawah Gunung Bromo.

 

Karenanya, tak heran apabila ratusan hingga ribuan wisatawan rela bangun tengah malam dan mencari tempat terbaik di Penanjakan untuk menunggu matahari muncul sambil menahan hawa dingin. Kabarnya, di musim kemarau suhunya bisa mencapai 5 derajat Celsius.  Untuk itu, gunakan sarung tangan, penutup kepala, hingga jaket dan syal tahan angin.

 

Usai melihat matahari terbit di Penanjakan, wisatawan bisa melanjutkan berkeliling di lautan Pasir Berbisik, naik ke kawah Gunung Bromo, atau berfoto-foto di Bukit Teletubbies.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour