Tempat: Kasepuhan Sinar Resmi

Kasepuhan Sinar Resmi yang dipimpin oleh Abah Asep Nugraha ini berada di Kecamatan Cisolok, dan merupakan keragaman salah satu kampung adat Kasepuhan Banten Kidul yang masih dipertahankan kelestariannya. Kasepuhan Sinar Resmi menjadi bagian dari aspek budaya yang tidak terpisahkan dari Geopark Ciletuh.

 

 

Masyarakat Kasepuhan Sinar Resmi masih melaksanakan tradisi nenek moyangnya dalam bidang pertanian. Di desa adat ini, dari proses menanam padi hingga panen selalu diiringi dengan upacara-upacara terkait pertanian. Upacara yang paling terkenal adalah Seren Taun yang diadakan untuk merayakan hasil panen padi—dan biasanya ramai dihadiri wisatawan. 

 

Meskipun berupa desa adat, tapi Kasepuhan Sinar Resmi tidak mengasingkan diri dari perkembangan zaman. Di kasepuhan ini sudah tersedia listrik, bahkan penduduknya pun sudah terbiasa menggunakan telepon genggam. Rumah-rumah penduduk pun beberapa sudah ada yang menggunakan batu bata dan semen—meskipun masih ada juga yang hanya menggunakan kayu dan bambu serta ijuk sebagai atapnya.

 

Ada area lapangan luas yang berfungsi untuk upacara Seren Taun dan sebagai area parkir kendaraan wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke sini dapat menginap di rumah-rumah penduduk maupun di rumah panggung milik Abah Asep.

 

AKSES

 

Kasepuhan Sinar Resmi berjarak sekitar satu jam dari Pelabuhan Ratu ke arah barat.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour