Tempat: Titik Pandang Panenjoan

Titik Pandang Panenjoan berada di jalur utama jalan Desa Tamanjaya. Dalam bahasa Sunda, panenjoan memiliki arti ‘tempat untuk melihat atau memandang’. Titik Pandang Panenjoan persis berada di ujung patahan Geopark Ciletuh sehingga dari tempat ini pengunjung bisa memandang panorama amphitheater alami yang berukuran raksasa secara menyeluruh. 

 

Di garis horison, Anda bisa melihat pantai dan Teluk Ciletuh. Pemandangan yang ditawarkan memadukan hijaunya hutan dan sawah dengan birunya laut.

 

Ada beberapa homestay di tempat ini yang berada di tepi tebing. Karena berada di ketinggian, udara di tempat ini cukup sejuk. Panenjoan berada di titik yang cukup tinggi sehingga seluruh amphitheater dapat terlihat. Namun, apabila masih kurang tinggi, ada beberapa menara setinggi sekitar tiga meter yang dapat dinaiki untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas lagi.

 

Titik Pandang Panenjoan berada di lahan milik pribadi dan dikelola secara pribadi juga. Namun, para wisatawan dapat dengan bebas masuk ke area ini hanya dengan membayar tiket parkir.

 

AKSES

 

Titik Pandang Panenjoan berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Pelabuhan Ratu.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour