Tips Menyeduh Kopi

Secangkir kopi nikmat memang akan membangkitkan mood, apalagi bagi para pecinta dan penikmat kopi. Minuman ini adalah pemberi semangat pagi dan teman dalam mengisi aktivitas sehari-hari. Tapi apalah arti secangkir kopi tanpa mendapatkan sebuah rasa yang istimewa.

 

Tidak dipungkiri kenikmatan dan kesegaran kopi memang sangat dipengaruhi oleh jenis kopi. Tapi teknik menyeduh juga memegang kunci. Penyeduhan yang tepat yang otomatis akan berpengaruh besar ke rasa yang dihasilkan. Nah, berikut ini diberikan tips-tips menyeduh kopi nikmat.

 

Kebersihan adalah yang utama

Setiap perlengkapan kopi harus selalu dalam keadaan bersih. Mulai dari penggiling, alat seduh sampai hal yang lebih kompleks seperti kertas filter hingga sendok kopi. Disarankan setelah pemakaian, perlengkapan tersebut dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan kain lap yang bersih. Hal ini untuk mencegah adanya sisa kopi yang menempel dan menjadi kerak.

 

Takaran antara air dan bubuk kopi

Dalam menyeduh kopi, takaran memegang peran yang sangat penting. Bahkan asosiasi kopi di Amerika menyebutnya dengan istilah Golden Ratio. Secara garis besar, rasio ini memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan rasa kopi yang akan buat. Namun, perbandingan antara kopi dan air ini bersifat personal dan berbeda-beda pada setiap orang. Jalan terbaik untuk menemukan rasio kopi yang benar adalah dengan sering melakukan percobaan sampai menemukan rasio kopi terbaik bagi Anda.

 

Kualitas air dalam membuat kopi

Faktanya 98 persen kopi adalah air. Karena itu air punya peran penting dalam pembentukan rasa. Air yang bagus digunakan untuk menyeduh kopi adalah yang minim senyawa-senyawa seperti besi ataupun seng.

 

Tingkat kehalusan kopi

Direkomendasikan untuk membeli kopi masih dalam bentuk biji dan hanya menggiling saat sebelum digunakan sesuai takaran. Karena kopi yang telah digiling akan mempersingkat kesegaran dalam waktu satu hari saja. Kopi yang sudah digiling pori-porinya akan terbuka dan lebih mudah teroksidasi oleh oksigen.

 

Suhu air

Kalau selama ini Anda menyeduh kopi dengan prinsip yang penting air panas, mulai sekarang coba ubah persepsi itu. Perbedaan pada setiap derajat suhu dapat memengarui ekstraksi kopi yang berdampak pada rasa kopi yang dihasilkan. Temperatur air yang ideal untuk menyeduh kopi berkisar antara 91-96 derajat celcius. Idealnya memang menggunakan thermometer dalam mengukur suhu ini, namun ada juga cara lain yakni air dimasak sampai mendidih dan kemudian didiamkan selama 2 menit agar suhunya turun menjadi 91-96 derajat celcius.**

 

Sumber Artikel: Majalah Gracious

Sumber Gambar: Pixabay

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour