Tips Menyeduh Teh

Membuat teh memang tidak sulit. Tinggal memanaskan air dan menyelupkan kantung teh ke dalam air panas tersebut. Dalam waktu beberapa menit saja, warna air panas tersebut sudah berubah menjadi kuning keemasan. Tapi sebenarnya, cara tersebut belum sepenuhnya tepat. Ada seni untuk menyiapkan secangkir teh yang benar. Apalagi bila menggunakan jenis teh yang variatif, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih atau teh herbal.

 

Berikut ini langkah-langkah penyeduhan teh yang bisa dilakukan demi mendapatkan kualitas rasa teh yang maksimal.

 

Perhatikan Suhu Air

Setiap jenis teh memiliki karakter tersendiri sehingga suhu air yang digunakan untuk menyeduh pun bervariasi. Untuk teh hitam, biasanya diseduh dengan air bersuhu hingga 100 derajat celcius. Teh Oolong biasanya diseduh dengan suhu sekitar 80 hingga 90 derajat celcius, sementara teh hijau harus kurang dari 90 derajat celcius.

 

Bersihkan Teh

Biasakan untuk membersihkan teh terlebih dahulu sebelum dinikmati. Cara pembersihannya pun mudah, gunakan seduhan pertama untuk membersihkan teh. Celupkan teh ke air panas, lalu sekitar 4-5 detik angkat dan buang air tersebut. Baru kemudian celupkan teh ke air panas yang baru. Celupan kedua dan ketiga ini adalah titik ternikmat dari teh karena kesegarannya sudah kembali. 

 

Gunakan Keramik Sebagai Wadah Penyeduhan 

Keramik adalah tempat menyeduh terbaik dibanding logam. Keramik tidak berbau dan membuat rasa teh lebih nikmat.

 

Tuangkan Air Seduh Memutar

Saat menyeduh teh, tuangkan air dengan gerakan memutar agar teh terseduh merata. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 2-3 menit.

 

Hindari Menggunakan Gula

Sama halnya dengan kopi, teh sebisa mungkin dinikmati tanpa gula. Teh memiliki karakter rasa tersendiri. Rasa yang akan hilang akibat penggunaan gula yang manis. Walau begitu, semua dikembalikan lagi ke selera penikmat teh karena efek penggunaan gula hanya ada pada rasanya saja.

 

 

Sumber Artikel: Majalah Gracious

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour