Traveling Bersama Balita

Ketika memiliki balita, hidup akan berubah. Demikian juga saat melakukan traveling bersama balita. Perjalanan akan menjadi lebih berwarna, namun dibutuhkan persiapan matang. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan, maka lakukan persiapan dengan baik, agar traveling bersama si kecil jadi menyenangkan. Berikut adalah barang-barang yang harus disiapkan.

 

1. PAKAIAN

 

Tempat dan medan yang dituju sangat menentukan pilihan pakaian balita. Celana panjang berbahan kuat namun tetap nyaman agar mampu melindungi kaki si kecil dari hawa dingin maupun risiko cedera ketika jatuh menjadi salah satu pilihannya. Untuk kaos disarankan memilih yang berbahan katun karena mampu menyerap keringat dan nyaman di kulit. Jika ada agenda main air, pastikan membawa baju renang atau baju ganti. Perhitungkan dengan cermat jumlah pakaian yang dibutuhkan, mengingat balita sering tanpa sengaja menumpahkan sesuatu.

 

2. PERALATAN BALITA

 

Peralatan ini terdiri dari peralatan mandi dan setelah mandi. Peralatan mandi cukup membawa sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi. Peralatan setelah mandi seperti minyak telon dan bedak. Jangan lupa juga membawa popok serta tisu basah dan kering, jumlahnya disesuaikan lamanya traveling. Jika dirasa perlu, bawalah juga selimut dan stroller. Perlengkapan balita, seperti gendongan, topi, jaket atau tas kecil juga sebaiknya dibawa. Untuk alas kaki tergantung kenyamanan si kecil, baik itu sepatu maupun sandal.

 

3. OBAT-OBATAN

 

Sakit ataupun cedera tidak mengenal kapan dan di mana. Bawalah selalu obat penurun panas, diare, anti memar, pembalut berperekat, dan cairan antiseptik. Selain itu, jika si kecil memiliki penyakit khusus seperti alergi atau asma, bawalah obat-obatan yang dibutuhkan.

 

4. MAKANAN & MINUMAN

 

Bawalah camilan favorit si kecil untuk menemaninya selama perjalanan dan di tempat wisata. Makanan ini akan menjadi sedikit beragam jika si kecil memasuki usia MPASI. Jika selama ini Anda bermusuhan dengan bubur instan dan makanan kemasan, ada baiknya aturan ini sedikit dilonggarkan saat traveling.

 

5. BOTOL MINUM & ALAT MAKAN

 

Membawa botol minum akan membantu mengontrol banyaknya air putih yang masuk ke tubuh anak, serta dapat menghemat pengeluaran dengan membeli air kemasan. Persiapkan juga peralatan makan, terlebih jika membawa bayi di bawah 1 tahun. Cukup sendok dan tempat makan bertutup agar lebih praktis.

 

6. MAINAN

 

Bawalah beberapa mainan favoritnya, karena si kecil akan cepat merasa bosan. Pilihlah yang ukurannya kecil agar mudah disimpan dalam tas kecil. Bawa juga mainan yang sesuai dengan aktivitas yang hendak dilakukan. Jika ke pantai, bawalah set peralatan bermain pasir. Jika berenang, bawalah ban renang dan bola tiup.

HIN Internalisasi AKHLAK sambut New Normal & Holding Hotel BUMN
Virtual Tour